Minggu, 08 Agustus 2010

apa itu kompos

maaf baru tak baca lagi...wah ini udah lama pertanyaannya....
betul untuk pembuatan kompos perlu pengkondisian, kondisi yang
optimal,
sangat tergantung dari input material, proses yang digunakan dan
lingkungan pengomposan. Nah unutk proses yang paling sederhana,
perlu
optimasi terutama dari segi bahan. Dari segi proses ya yang
paling
sederhana di lahan terbuka, tapi untuk ini perlu pengkondisian
bahan,
serta pembalikan. Jadi untuk menjawab yang bagaimana yang
optimun, ini
tergantung sekali dari daerah masing masing. Kalau boleh tahu
anda ini
dari daerah mana? Terus yang penting selalu saya tekankan adalah
analisis
serta prediksi timbulan sampah serta prediksi perubahan
komposisi sampah.
begitu....kalau mau ayuk kita buat proyek di kota
anda.......siapa mau
ngacung.....

Saya mau hayo, tapi biayanya dr anda lho,

Saya juga mau nanya bagaimana caranya mensortir tumpukan sampah
dr bahan2 yg tdk diperlukan untuk pembuatan kompos, ini bukan pekerjaan
ringan, krn pengalaman sekitar thn 70an pernah minta satu truk sampah
kota dikirim ke lahan daerah saya, lha ternyata malah jadi repot, habis
didalamnya ada beling, plastik, kawat2, besi2, malah amat sangat
merepotkan sekali untuk membersihkan dr barang2 haram tsb, lha kalau tdk
nanti yg nyangkul akan kena/terluka.

|menurut saya, potensi pemanfaatan sampah sbg kompos itu relatif
tinggi di negara kita mengingat jumlah sampah yg dihasilkan sangat
tinggi, terutama sampah rumah tangga & jika mau & memungkinkan sistem
pengomposan per daerah (katakanlah per kompleks perumahan) akan dapat
dilakukan (kalo ngga salah di BSD telah dilakukan) ... lha ini kan bisa
menghemat biaya pengangkutan &
pembuangan sampah selain menghemat uang u/beli pupuk.
|mohon info lebih lanjut ttg kompos ini ...
|
|KS

benar ini ada kaitannya dengan reduksi volume sampah terbuang ke
TPA,
selain bahwa kita lihat sekarang tidak mudah cari lahan TPA.
Selain itu
dengan pengomposan, dapat menciptakan lapangan kerja baru.....ya
kan.

Dengan senang hati saya akan jawab pertanyaannya yang saya bisa
tentu.

1 komentar:

jufri mengatakan...

keren baget.....

Posting Komentar